Jumat, 22 Okt 2021
  • Selamat datang di website SMPN 2 Tanjung Brebes # ESDUTA BISA # Selalu Jaga Kesehatan

Menggambar Ilustrasi Pemicu Prestasi Belajar Berkarakter

Menggambar Ilustrasi Pemicu Prestasi Belajar Berkarakter

Pendidikan adalah sebuah proses untuk mengubah jati diri seorang peserta didik untuk lebih maju. Menurut John Dewey, pendidikan adalah merupakan salah satu proses pembaharuan makna pengalaman.  Sedangkan menurut H. Horne, pendidikan merupakan proses yang terjadi terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada Tuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar, intelektual, emosional, dan kemanusiaan dari manusia.

Pendidikan karakter merupakan upaya pembimbingan perilaku siswa agar mengetahui, mencintai, dan melakukan kebaikan. Fokusnya pada tujuan-tujuan etika melalui proses pendalaman apresiasi dan pembiasaan. Secara teoritis, karakter seseorang dapat diamati dari tiga aspek, yaitu: mengetahui kebaikan (knowing the good), mencintai kebaikan (loving the good), dan melakukan kebaikan (doing the good). Pendidikan karakter sesungguhnya bukan sekedar mendidik benar dan salah, tetapi mencakup proses pembiasaan tentang perilaku yang baik sehingga peserta didik dapat memahami, merasakan, dan mau berperilaku baik sehingga terbentuklah tabiat yang baik. Nilai-nilai karakter meliputi: religius; jujur; toleransi; disiplin; kerja keras; kreatif; mandiri; demokratis; rasa ingin tahu; semangat kebangsaan; cinta tanah air; menghargai prestasi; bersahabat/ komunikatif; cinta damai; gemar membaca; peduli lingkungan; peduli sosial; tanggung jawab.

Ilustrasi berasal dari bahasa Latin “Illustrare”, yang berarti menjelaskan atau menerangkan  dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa . Adapula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata Ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Menurut Wikipedia bahasa Indonesia pengertian gambar ilustrasi adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi, lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk. Unsur gambar ilustrasi meliputi : gambar manusia; gambar binatang; gambar tumbuhan; benda-benda lainnya.

Menurut Psikolog anak dan remaja Samantha Ananta mengatakan menggambar dapat meningkatkan kemampuan memori anak dan rasa percaya dirinya. Selain itu dengan menggambar anak akan merasa lebih gembira. Sebagai bagian dari tahap pertumbuhan dan perkembangan menuju tahap dewasa terdapat sebuah fase yang dapat dikatakan sebagai fase penting yaitu fase anak-anak yang dikenal dengan masa keemasan yaitu masa terbentuknya pondasi sikap, perilaku, mental, serta kecerdasan yang semuanya terjadi secara intensif. Dengan menggambar akan memicu kerja otak yang kita sebut dengan kecerdasan kinestetik.

Kecerdasan kinestetik adalah kecerdasan yang memiliki kemampuan untuk menggerakkan seluruh bagian tubuh untuk menyampaikan perasaan dan ide dalam bentuk olah raga, menari, menggambar, berpantomim, dan kemampuan tangan lainnya misalnya dengan menulis dan lain sebagainya. Di sinilah karakter anak akan terlihat ataupun terbentuk sesuai dengan bakat kemampuannya. Selain kecerdasan kinestetik, kecerdasan fisik motorik juga akan terbentuk. Kecerdasan fisik motorik merupakan kecerdasan dalam hal peragaan, koordinasi, kontrol dan kehati-hatian yang relatif melekat setelah masa kanak-kanak . Dengan menerapkan metode menggambar teknik ilustrasi maka kecerdasan anak baik kinestetik maupun fisik motorik akan terpacu, dengan demikian anak akan dengan mudah menciptakan prestasi belajar yang berkarakter.

Penulis: Sri Endah Rezeki, S.Pd, Guru SMPN 2 Tanjung, Kabupaten Brebes

admin

Tulisan Lainnya

0 Komentar

KELUAR